Berapa Ukuran Kamar yang Ideal Untuk Kamar Anak-Anak? Ini Jawabannya


Pada usia 5-7 tahun, anak-anak sudah seharusnya diajarkan untuk belajar mandiri. Meskipun tidak serta merta, pembelajaran kemandirian ini bisa dilakukan bertahap. Salah satu caranya adalah dengan memberikan ruang tidur terpisah untuk mereka. Ruang tidur ini dapat Anda desain sesuai dengan apa yang disukai oleh anak. Dengan memberikan anak kamar yang berbeda, diharapkan kemandiriannya akan mulai terbangun dan lebih terasah. Namun, beberapa orang tua mungkin masih bingung untuk menentukan besar ukuran ruang tidur untuk anak. Tidak jarang mereka membangun ruangan yang kelewat besar atau terlalu sempit.

Ukuran Kamar Yang Paling Pas Untuk Anak


Pada dasarnya, nilai yang ideal merupakan sesuatu yang subyektif. Tidak semua orang memiliki takaran keidealan yang sama rata. Namun, dalam hal ini, ukuran ruangan yang paling sesuai untuk anak dapat dibedakan menjadi 3 ukuran. Diantaranya yaitu :

1. Ukuran kamar 2x3 meter

Ukuran kamar yang pertama adalah dengan panjang 3 meter dan luas 2 meter. Dalam ruang kamar ini, Anda bisa meletakkan 1 ranjang berukuran kecil, sebuah lemari pakaian dan sebuah meja belajar kecil. Ukuran kamar ini memang tidak terlalu luas, biasanya digunakan untuk rumah-rumah model minimalis. Akan tetapi, ukuran kamar 2x3 meter sudah cukup memadai untuk seorang anak yang berusia 5-7 tahun.

2. Ukuran kamar 3x3 meter

Dengan luas kamar 3x3 meter, anak akan memiliki sedikit ruang gerak. Anda bisa meletakkan sebuah ranjang, meja belajar, lemari pakaian, bahkan Anda bisa menambahkan sebuah lemari untuk menyimpan segala macam permainan yang dimiliki anak. Ukuran 3x3 meter merupakan ukuran yang paling banyak dipergunakan untuk kamar anak, karena tidak terlalu lebar atau terlalu sempit. Setidaknya ada sedikit space agar penempatan perabot tidak terlalu berdesak-desakan. Ukuran kamar yang kedua ini cukup untuk dipergunakan sebagai area bersama jika anak hendak mengajak seorang temannya untuk bermain atau belajar.

3. Ukuran kamar 3x4 meter

Pada dasarnya, ukuran kamar 3x4 meter cukup untuk dipergunakan sebagai kamar tidur orang dewasa. Lebarnya sangat memadai untuk diletakkan sebuah ranjang berukuran double. Jika Anda memiliki luas tanah yang cukup, tidak masalah untuk membuat kamar anak berukuran 3x4 meter. Akan lebih banyak ruang untuknya bereksplorasi atau membuat sudut dimana ia bisa menyalurkan kesenangannya. Dengan ruang yang agak luas ini, Anda juga bisa memberikannya sepasang sofa agar ia bisa lebih nyaman ketika belajar bersama seorang kawan.

Membangun sebuah ruang kamar yang terpisah untuk anak memang sebaiknya dilakukan segera. Selain mengajarkannya untuk mandiri, anak juga memiliki hak untuk sebuah privasi. Gunakan ukuran ruangan yang sesuai dengan luas tanah Anda. Jangan terlalu luas atau terlalu kecil.